Cara Trading Emas : Pengaruh Emas Terhadap Mata Uang?

Belajar Trading Emas

Setelah mengetahui tentang Cara Trading Emas di artikel sebelumnya, sekarang kita akan lanjut untuk mengetahui dan memahami Pengaruh Emas Terhadap Mata Uang, hal ini sangatlah penting untuk di ketahui oleh anda yang sudah memutuskan untuk terjun di  trading emas online.

Daya tarik dan pengaruh harga emas meskipun tidak lagi digunakan sebagai mata uang di negara maju, telah dan terus memiliki pengaruh yang kuat pada nilai mata uang. Selain itu, ada korelasi kuat antara nilai dengan kekuatan perdagangan mata uang atau forex.

Untuk melihat hubungan antara emas dan mata uang, maka pertimbangkan lima fitur penting dari logam emas :

1. Emas pernah digunakan untuk pendukung mata uang fiat

Pada awal Kekaisaran Bizantium, emas digunakan untuk mendukung mata uang fiat (yang dianggap sebagai alat pembayaran yang legal di Kekaisaran Bizantium). Selain itu, Emas juga digunakan sebagai mata uang cadangan dunia setidaknya hingga abad ke 20; di mana Amerika Serikat juga turut menggunakan standar emas setidaknya hingga tahun 1971, sesaat setelah Presiden AS Richard Nixon menghentikan standar emas.

Standar emas benar-benar ditinggalkan, ketika negara-negara di dunia tidak dapat mencetak mata uang fiat begitu saja. Uang kertas yang dicetak negara-negara tersebut harus didukung oleh sejumlah emas yang sama dengan cadangan emas yang mereka miliki. Meskipun standar emas telah lama tidak berlaku di negara maju, beberapa ekonom merasa bahwa kita perlu kembali ke standar tersebut akibat tingginya volatilitas Dolar AS dan juga mata uang lainnya; mereka menyukai standar tersebut karena dapat membatasi jumlah uang yang diizinkan dicetak oleh negara.

2. Emas digunakan sebagai sarana lindung nilai terhadap inflasi

Investor biasanya membeli emas dalam jumlah besar ketika negara mengalami inflasi yang tinggi. Permintaan emas meningkat selama masa inflasi karena nilainya yang melekat dan pasokan emas yang juga terbatas. Emas tidak dapat terdilusi, logam kuning ini juga dapat mempertahankan nilainya jauh lebih baik dibandingkan dengan bentuk mata uang lainnya.

Sebagai contoh, pada tahun 2011, investor khawatir bahwa nilai mata uang kertas akan menurun, dan secara mengejutkan mendorong harga emas hingga mencapai $1,500 per ons. Hal ini menunjukkan bahwa ada sedikit ketidakpercayaan pada mata uang di pasar dunia, dan adanya ekspektasi yang pesimis terhadap stabilitas ekonomi di masa yang akan datang.

3. Harga emas mempengaruhi nilai impor dan ekspor negara

Nilai mata uang suatu negara erat kaitannya dengan nilai impor dan ekspor. Ketika suatu negara memiliki nilai impor yang lebih besar dari nilai ekspornya maka nilai mata uang negara tersebut seringkali menurun. Sebaliknya, nilai mata uangnya cenderung akan meningkat jika sebagian besar perdagangan negara tersebut dilakukan dengan basis ekspor. Dengan demikian, negara yang mengekspor emas atau memiliki cadangan emas, nilai mata uangnya cenderung akan meningkat ketika harga emas naik, karena hal tersebut dapat meningkatkan total ekspor negara.

Dengan kata lain, kenaikan harga emas dapat menciptakan surplus perdagangan atau membantu mengimbangi defisit perdagangan suatu negara. Sebaliknya, negara-negara yang merupakan importir emas relatif memiliki nilai mata uang yang lebih lemah ketika harga emas naik. Dengan demikian, ekspor dan impor akan sangat rentan terhadap kenaikan harga emas.

4. Pembelian emas cenderung mengurangi nilai mata uang yang digunakan untuk membeli

Ketika bank sentral memutuskan untuk membeli emas, hal tersebut dapat mempengaruhi jumlah penawaran dan permintaan mata uang domestik serta dapat mengakibatkan inflasi. Hal ini sebagian besar terjadi karena disebabkan oleh fakta bahwa bank lebih mengandalkan untuk mencetak uang lebih banyak ketika memutuskan untuk membeli emas, dan dengan demikian menciptakan kelebihan pasokan mata uang fiat.

5. Harga emas sering digunakan untuk mengukur nilai mata uang lokal

Banyak orang telah keliru dengan menggunakan emas sebagai sarana untuk menilai mata uang suatu negara. Meskipun tidak diragukan lagi bahwa ada hubungan antara harga emas dan nilai mata uang fiat, namun hubungan tersebut tidak selalu merupakan hubungan terbalik seperti yang diasumsikan banyak orang.

Misalnya, jika ada permintaan yang tinggi dari industri yang membutuhkan emas untuk produksi, hal tersebut dapat menyebabkan harga emas naik. Tetapi tidak akan mempengaruhi mata uang lokal.

Untuk lebih memudahkan anda dalam berinvestasi emas secara online, CaraTrading.ID memberi anda akses untuk melakukan belajar trading emas online, dan memberi anda informasi up to date serta sinyal gratis tentang trading emas untuk lebih memaksimalkan potensi keuntungan yang ada. Gabung ke webinar kami dan dapatkan informasi belajar trading online secara gratis dari team caratrading.id yang sudah berpengalaman dalam dunia trading online

Daftar webinar