Cara Trading Emas : Memahami Pergerakan Harga Emas

Cara Trading Emas

Cara Trading Emas – Jika membahas trading emas di sepanjang sejarah kehidupan manusia, Emas telah menjadi salah satu logam mulia yang paling dihargai, baik sebagai mata uang, perhiasan, ataupun seni. Di samping itu, Emas juga seringkali dianggap sebagai sarana penyimpan nilai yang unik untuk menunjukkan kekuatan, kejayaan, dan kekayaan seseorang. Sekarang kita akan lanjut untuk mengetahui dan memahami bagaimana pergerakan harga emas yang terjadi di pasar, hal ini sangatlah penting untuk di ketahui oleh anda yang sudah memutuskan untuk terjun di  pasar trading emas.

Peristiwa politik yang terjadi akhir-akhir ini membuat harga emas melonjak dan banyak investor mulai mengalihkan fokus perhatiannya ke emas. Akan tetapi, sebelum anda ikut terjun ke pasar emas, akan lebih baik bagi anda untuk memahami pemahaman yang luas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas, sehingga anda dapat mengambil keputusan cerdas ketika akan membeli dan menjual logam kuning tersebut.

Orang telah membeli dan menjual emas sejak awal peradaban, di mana hingga hari ini perdagangan emas masih menjadi komponen kunci dari strategi investasi dan perdagangan. Salah satu hal yang membuat popularitas emas terus tumbuh setiap tahunnya adalah tak lepas dari pandangan bahwa emas adalah merupakan investasi yang aman dan akan selalu mempertahankan nilai riilnya. Logika sederhana dari investasi emas adalah bahwa logam kuning ini akan semakin langka, sementara produksi emas di dunia cenderung stabil.

Kelangkaan emas dan nilai komersialnya membuatnya menjadi sebuah investasi yang aman secara riil. Akan tetapi, harga emas atau nilainya juga dapat naik dan turun sejalan dengan berbagai faktor ekonomi, politik dan sosial. Faktor-faktor ini termasuk:

  • Adanya ketidakpastian ekonomi dan politik dapat membuat investor memburu aset investasi yang aman, di mana salah satu jenis aset yang dikategorikan sebagai safe haven atau aset yang aman ketika terjadi gejolak ekonomi dan politik adalah emas. Peristiwa politik yang terjadi akhir-akhir ini seperti Brexit dan konflik perdagangan AS-China merupakan contoh nyata dari peristiwa yang menyebabkan investor berburu emas. Respon positif pasar terhadap harga emas selalu terjadi setiap terjadi gejolak – oleh karenanya, emas sering juga disebut sebagai komoditas krisis atau komoditas yang permintaannya meningkat ketika terjadi gejolak ekonomi dan politik.
  • Suku bunga juga dapat mempengaruhi harga emas. Suku bunga yang rendah umumnya membuat harga emas naik, sementara ketika suku bunga naik, investor cenderung memindahkan dana investasinya dari emas ke deposito yang menawarkan imbal hasil lebih tinggi sehingga membuat harga emas turun.
  • Bank sentral di dunia memiliki cadangan emas sebagai bagian dari portofolio mereka – ketika perekonomian berjalan sesuai dengan harapan, bank sentral biasanya cenderung menjual sebagian cadangan emas mereka (karena emas tidak memberikan bunga atau dividen) – sehingga ini cenderung berdampak negatif terhadap harga emas. Sebaliknya ketika perekonomian sedang lesu, bank sentral seringkali meningkatkan cadangan emas mereka, yang menyebabkan harga emas merangkak naik. Sebagai informasi, beberapa waktu terakhir ini banyak bank sentral di dunia telah meningkatkan pembelian emasnya.
  • Data ekonomi khususnya data ekonomi dari AS dapat mempengaruhi pergerakan harga emas. Sebuah laporan data ekonomi yang buruk yang mengindikasikan pelemahan ekonomi kemungkinan besar dapat menyebabkan investor membeli emas, dan membuat harga emas naik.
  • Nilai tukar Dolar AS. Ketika nilai tukar mata uang Dolar AS anjlok, harga mata uang dan komoditas lainnya cenderung naik dan sebaliknya.
  • Penawaran dan permintaan. Emas tidak dikonsumsi, meskipun sebagian digunakan sebagai bahan baku industri, dan sebagian besar lainnya hanya dijadikan simpanan dibandingkan diperdagangkan, sehingga pasokannya cenderung terbatas.
  • Intervensi bank sentral melalui Quantitative Easing – Quantitative Easing cenderung menyebabkan harga emas naik.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga emas, dan sementara harga emas saat ini membuat anda tergoda untuk masuk ke pasar, hal yang terbaik bagi anda adalah memahami beberapa faktor fundamental yang mempengaruhi harga emas sebelum benar-benar terjun mendulang profit dari logam kuning tersebut.

Untuk lebih memudahkan anda dalam berinvestasi emas secara online, CaraTrading.ID memberi anda akses untuk melakukan belajar trading emas online, dan memberi anda informasi up to date serta sinyal gratis tentang trading emas untuk lebih memaksimalkan potensi keuntungan yang ada. Gabung ke webinar kami dan dapatkan informasi belajar trading online secara gratis dari team caratrading.id yang sudah berpengalaman dalam dunia trading online

Daftar webinar